Panduan memahami perdagangan batu akik dan gemstone pada umumnya

Artikel panduan memahami perdagangan gemstone --yang di dalamnya termasuk batu akik -- ini merupakan pendapat Agustono Dwi Rachadi MSi CPG, salah satu ahli gemstone dengan sertifikat internasional. Menurut dia, untuk memahami perdagangan gemstone, pertama-tama Anda harus memahami dulu siapa-siapa pemainnya. Untuk memulainya, dia membagi pemain-pemain tersebut menjadi beberapa tingkatan.
Semua tingkatan yang dijelaskan di bawah ini, dianggap sebagai penjual-penjual dengan reputasi baik.
Tingkatan 1
Penjual bahan batu mulia, yaitu generasi pertama dari siklus perdagangan batu mulia, yang kemudian dibagi menjadi tingkatan sebagai berikut:
Tingkatan 2
Pembeli berbentuk kartel seperti Channel, Bulgary, Graff, Tiffany dan lain-lain. Pembeli ini biasanya membeli semua persediaan yang ada menyimpannya dan menjual koleksi terbaiknya dengan harga sangat mahal.
Tingkatan 3
Pembeli sebagai kolektor. Pembeli tingkatan ini biasanya membeli gemstone dengan kualitas terbaik, umumnya gemstone yang sudah langka.
Musium juga termasuk dalam tingkatan ke 3 ini.
Tingkatan 4-a
Adalah dealer permata yang, sementara memiliki beberapa barang yang baik untuk mendukung kredibilitas mereka dalam “Industri”, akan fokus pada “permata komersial. Harga batu-batu ini lebih cenderung menjadi patokan bagi produsen, pengecer kecil, dan biasanya juga batu-batu yang telah mendapat treatment agar tetap bisa menjualnya dengan harga rendah. Tingkatan ini termasuk memasok penjualan batu secara lot untuk industri manufaktur.
Dealer pada tingkatan ini umumnya memiliki kantor, kemungkinan besar memiliki website, mengikuti pameran-pameran, dan memiliki staf marketing untuk memasarkan produknya.
Tingkatan 4-b
Adalah dealer permata yang merupakan entitas tunggal (terutama) dan tidak punya bentuk usaha apapun. la bejualan dengan memfokuskan diri pada penjualan lepas kepada para pengecer. Biasanya mereka membawa lot batu tertentu dan menawarkannya kepada toko atau pengecer perorangan dengan harga dealer.
Tingkatan 5
Adalah pembeli eceran, pembelian melalui dealer yang penjualannya ditujukan kepada pengguna akhir atau pembeli tingkat retail.
Kategori tingkatan di atas adalah berdasarkan pengamatan saja, jadi tidak merupakan standarisasi baku yang berlaku di setiap pasar Gemstone.
Dari beberapa tingkatan di atas maka hal-hal berikut pastilah terjadi dalam rantai perdagangan Gemstone di manapun:
Harga gemstone akan terus bertambah dengan dilaluinya seiring setiap tingkatan. Harga yang dientukan tiap tingkatan pasti dipengaruhi oleh semua biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh gemstone yang dikehendaki. Misalkan tingkatan pertama dalam memperoleh bahan ia butuh biaya perjalanan, hotel dan pekerja.
Harga gemstone langka pasti akan jauh lebih mahal pada semua tingkatan karena biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkannya pasti ekstra besar.
Harga penjualan juga dipengaruhi faktor-faktor lain seperti biaya pemasaran, biaya update website, biaya pameran, biaya sewa dan lain-lain.
Bila kita menginginkan berburu batu tertentu, dengan warna dan cutting tertentu, dan kualitas tertentu, pasti akan berdampak pada harga yang lebih sedikit mahal ketimbang batu yang memang seudah tersedia apa adanya di pasaran.
Gemstone dan Nilainya
Agustono Dwi Rachadi
Agustono Dwi Rachadi (Majalah Bursa Permata)
Berikut adalah pertanyaan yang sering kali menyeruak dari setiap orang yang ingin menekuni bisnis dalam batuan mulia.
Bisakan batu mulia dijadikan alat investasi?
Jawabannya adalah bisa. Asalkan kita memiliki pengetahuan yang cukup untuk memulai dan jangan lelah bertanya.
Apakah batu permata memiliki nilai?
Ya. Sejarah sudah mencatat bahwa banyak orang menjadi kaya raya dengan menyimpan batu mulia tertentu yang nilainya semakin lama semakin mengalami kenaikan.
Apakah yang mempngaruhi harga batu mulia?
Ada dua pengaruh utama yaitu kelangkaan dan besarnya. Faktor Iain bisa dari warna, kejernihan dan cutting, dan dalam beberapa kondisi adalah asal negara (asal batu) juga membawa dampak nilai.
Apakah ada jaminan bahwa nilai batu mulia akan stabil atau bahwa terus menanjak?
Tidak. Belum ada penelitian formal yang dilakukan untuk meneliti bahwa investasi dalam batu mulia pasti akan menghasilkan banyak uang. Faktor-faktor yang telah disebutkan di atas seperti kelangkaan dan ukuran besar serta dinamika penambangan gemstone sangat berpengaruh pada nilai.
Apakah memungkinkan mendapatkan keuntungan dari menjual batu mulia?
Ya sangat memungkinkan. Jika Anda agak bersabar untuk menyimpan batu mulia tertentu yang memiliki nilai tumbuh yang bagus, maka Anda akan memperoleh manfaat luar biasa karena telah dengan sabar menyimpannya. (Majalah Bursa Permata)
Sumber : simomot dot com